Perbedaan dan Persamaan Jenis Buku

Pendahuluan 
 
Jenis-jenis buku yang akan dijelaskan pada pembahasan ini adalah buku teks, buku pengayaan, buku panduan guru dan buku referensi. Buku teks ialah buku acuan wajib untuk digunakan dalam satuan pendidikan dasar dan menengah atau behkan perguruan tinggi yang didalamnya memuat materi pembelajaran dalam rangka peningkatan keimanan, ketakwaan, akhlak mulia dan kepribadian, kinestetis dan kesehatan yang disusun berdasarkan standar nasional pendidikan. Buku Pengayaan ialah buku yang memuat materi yang dapat memperkaya buku teks pendidikan dasar, menengah dan perguruan tinggi.Buku panduan guru ialah buku yang memuat prinsip, prosedur, deskripsi materi pokok, dan model pembelajaran untuk digunakan oleh para pendidik. Buku referensi ialah buku isi dan penyajiannya dapat digunakan untuk memperoleh informasi tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya secara dalam dan luas.
 
Perbedaan dan Persamaan 
 
perbedaan dan persamaan isi buku-buku ini terdapat pada sistematika penyusunan buku
– Pada buku teks sistematika penyusunannya terdapat bagian awal yang berisi judul dan daftar isi, bagian isi terdapat pokok  bahasan yang terdapat pada kurikulum, dan yang terakhir terdapat bagian akhir yang berisi daftar kata, glosarium, dan daftar pustaka.
– Pada buku referensi   sistematika penyusunannya terdapat bagian awal yang berisi judul namun tidak memiliki daftar isi, pada bagian isi penyusunannya berdasarkan bab arti kata yang dijelaskan, dan pada bagian akhir terdapat daftar pustaka.
– Pada buku pedoman sistematika penyusunannya  terdapat bagian awal yang  memiliki judul namun tidak memiliki daftar isi, pada bagian isi penyusunan urutan bab berdasarkan disiplin ilmu yang disesuaikan, dan pada bagian akhir tidak menggunakan daftar pustakan dan lainnya.
– Pada buku pengayaan sistematika penyusunannya terdapat bagian awal yang memiliki judul dan daftar isi, pada bagian isi penyusunannya memiliki pokok bahasan yang telah ditentukan, dan pada bagian akhir terdapat daftar pustaka.
 
Kesimpulan 
 
Perbedaan yang terdapat pada sistematika penulisan keempat buku tersebut ialah pada buku teks dan pada buku pengayaan terdapat bagian awal yang memiliki daftar pustaka seddangkan pada buku pedoman dan buku referensi tidak terdapat daftar isi pada bagian awal  sistematika penyusunan buku. Pada masing-masing buku yang telah dijelaskan penyusunan bagian isi tidak ada yang sama. Persamaan yang terdapat pada keempat buku tersebut sistematika penyusunan buku memiliki bagian yang sama yaitu bagian awal, bagian isi, dan bagian akhir pada hampir dikeempat bagian buku yang telah dijelaskan terdapat daftar pustaka atau glosarium.     
 
 
ditulis oleh :
 
Esya wahyunie
Rr indah dariah
Sri astuti

Tinggalkan komentar