Pemanfaatan facebook sebagai media diskusi untuk mata kuliah KSHP

Pendahuluan

Media sosial adalah  sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi yang meiputi, jejaring sosial, blog dan lain-lain. Jejaring sosial seperti facebook atau twitter merupakan media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Dilihat dari perkembanganya media juga dilakukan dalam pendidikan. Memanfaatkan media sosial seperti facebook sebagai media pembelajaran karena facebook merupakan jejaring sosial yang cukup menarik perhatian masyarakat. Facebook mampu menjadi salah satu media sosial yang dipergunakan sebagai media pembelajaran, ketersediaan beberapa aplikasi dalam facebook mampu memfasilitasi dalam proses pembelajaran. Memiliki grup untuk berdiskusi, memiliki future chat untuk berdiskusi secara langsung.

Dalam perkuliahan KSHP kelas non-reguler jurusan teknologi pendidikan semester 096 yang menggunakan facebook sebagai media pembelajaran. Perkuliahan KSHP menggunakan facebook sebagai media diskusi diluar kelas. Pendekatan belajar seperti ini dilakukan agar mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini terlihat lebih aktif dibandingkan belajar di dalam kelas. Untuk melihat respon mahasiswa yang aktif dalam menggunakan forum diskusi di facebook, dilakukan sebuah penelitian untuk mengetahui berapa banyak mahasiswa yang mengikuti secara aktif dalam diskusi.

Hal yang perlu diteliti dalam penggunaan facebook sebagai media diskusi diluar kelas adalah “Bagaimana respon mahasiswa dengan pemanfaatan media facebook sebagai sarana diskusi untuk mata kuliah KSHP Non-reguler semester 096 ? “ Pertanyaan ini berangkat dari masalah penggunaan facebook dalam perkuliahan KSHP Non-Reguler.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey langusung kepada mahasiswa yang mengambil mata kuliah KSHP, dengan melihat respon mahasiswa yang menjawab pertanyaan yang diberikan oleh dosen pengampu.

Hasil

Data Tabulasi Mahasiswa yang mengikuti diskusi di grup FB untuk Mata Kuliah KSHP

1.      Tabulasi jumlah mahasiswa yang menjawab pertanyaan dan yang bengong

a.      Data table

Data ini diperoleh dari jawaban mahasiswa yang menjawab merespon pertanyaan yang diberikan oleh Prof. Sitepu.

Katagori Jawaban

Jumlah yang menjawab

Yang Menjawab

29 Mahasiswa

Yang Tidak Menjawab (bengong)

10 Mahasiswa

b.      Grafik Batang

c.       Grafik  Bulat tiga dimensi

Dalam forum diskusi FB untuk matakuliah KSHP terdapat 40 Anggota yang tergabung dalam grup tersebut. Hanya ada 29 orang yang menjawab, dan sisanya sebanyak 10 orang tidak menjawab. 

2.      Katagorisasi atau klasifikasi jawaban menurut isi dan jumlah yang menjawab.

Dari pertanyaan yang diberikan oleh Prof. Sitepu  “KSHP di FB hanya ngeganggu, ngerepotin, nyebelin, kagak mutu, dan membosankan. Emangnya kagak ada kerjaan lain? Sebaiknya stop saja!” Bagaimana pendapat Anda atas pernyataan tersebut? Katakan sejujurnya.” Setuju atau Tidak Setuju?

a)      Grafik Tabel

Katagori Jawaban

Jumlah yang menjawab

Setuju

0 Orang

Tidak Setuju

29 Orang

Tidak merespon

10 Orang

b)      Grafik Batang

 

c)      Grafik bulat tiga dimensi

 

Dari data diatas sebanyak 29 orang yang meberikan respon dan 10 orang sisanya tidak memberikan respon. 29 orang memberikan jawaban tidak setuju jika forum diskusi di FB ditutup karena menurut pendapat mahasiswa forum diskusi ini bermanfaat.

3.      Katagorisasi / klasifikasi saran menurut isi dan jumlah frekuensinya.

a)      Table

Saran

Jumlah

Mendapat Feedback

10 Orang

Sharing Pengetahuan

6 Orang

Menyenangkan

5 Orang

Lain-lain

8 orang

Tidak merespon

10    rang

b)      Grafik Batang

c)      Grafik Lingkaran

Pembahasan

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, terdapat 40 member yang tergabung dalam forum diskusi facebook kelas KSHP Non-Reguler, minus 1 member karena member 1 tersebut adalah dosen pengampu, jadi jumlah member atau mahasiswa yang tergabung dalam forum diskusi facebook kelas KSHP Non-reguler terdapat 39 mahasiswa. Dari jumlah responden diatas sudah dapat dilihat berapa banyak mahasiswa yang merespon pada setiap pertanyaan yang di ajukan dalam diskusi.

            Pada pertanyaan pertama mengenai respon yang diberikan mahasiswa pada setiap pertanyaan yang diberikan, hamper seluruh mahasiswa merespon dengan setiap orangnya memiliki frekuensi yang berbeda-beda dalam merespon setiap pertanyaan yang diberikan. Sebanyak 74.36% atau sebanyak 29 mahasiswa yang member respon terhadap pertanyaan. Dan sisa nya diam (tidak memberi respon). Pada pertanyaan kedua mengenai ketidak setujuan dengan adanya facebook sebagai sarana diskusi untuk mata kuliah KSHP kelas Non-Reguler direspon cukup baik dengan presentase 74.36% tidak setuju apabila forum diskusi ini dihentikan / ditutup, dan sisanya tidak memberikan jawaban.

            Untuk katagorisasi berupa saran-saran yang diberikan mahasiswa, secara garis besar terdapat 5 katagori, diantaranya : feedback, sharing, menyenangkan, lain-lain dan tidak merespon pertanyaan. Presentase mahasiswa yang memberi saran dengan alasan mendapat feedback secara langsung sama hasilnya dengan jumlah mahasiswa yang tidak member respon terhadap pertanyaan ini, yaitu sebanyak 25.64% atau sebanyak 10 mahasiswa. Sebanyak 15.38% atau sebanyak 6 mahasiswa yang memberikan penggunaan facebook sebagai tempat untuk sharing pengetahuan. Sebanyak 12.82% atau 5 mahasiswa member respon bahwa penggunaan facebook sebagai media pembelajaran adalah hal yang menyenangkan. Dan sisa 20.51% atau 8 mahasiswa memiliki saran yang berbeda-beda.  Penggunaan forum diskusi dengan facebook ini mengalami beberapa kendala seperti diantaranya, keterbatasan fasilitas internet, untuk bisa mengakses forum diskusi.

  Kesimpulan

                  Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan forum diskusi pada facebook untuk mata kuliah KSHP semester 096,  mahasiswa memberikan respon yang positif, serta berdampak pada berjalannya perkuliahan di dalam kelas. Terlebih lagi mahasiswa TP telah menerapkan salah satu prinsip TP 2004 mengenai facilitating learning. Dan dapat memanfaatkan media pembelajaran.  

Tinggalkan komentar