Computer Based Learning

Pendahuluan

Istilah Computer based learning (CBL) atau belajar berbasis computer sudah tidak asing lagi bagi dunia pendidikan di Indonesia. Pada tahun 1980an dilakukan penelitian pada computer, awalnya computer digunakan untuk menghitung yang membutuhkan program. Pemanfaatan atau penggunaan media computer sebagai media pembelajaran tentunya menarik. Untuk melihat seberapa efektivitas penggunaan media computer. Penelitian terdahulu dapat dijadikan sebagai pembanding dengan penelitian yang lebih baru sehingga akan dapat diketahui media pembelajaran berbasis komputer seperti apa yang akan efektif dalam pembelajaran.

Pada penelitian awal, penggunaan komputer pada sekolah-sekolah meniru kesalahan dari perbandingan penelitian media sebelumnya (Clark,1985). Komputer merupakan fokus dalam penelitian ini. Komputer sering disebutkan sebagai variabel mandiri yang diasumsikan bahwa komputer memliki pengaruh pada proses belajar. Selain sebagai variabel independen komputer juga disebut sebagai variabel terikat meliputi hasil tes untuk nilai standar. Komputer juga dimanfaatkan sebagai pemecahan masalah dan keterampilan metakognitif siswa. Dalam pemanfaatan komputer terdapat masalah yang sama dengan media lain yaitu dalam hal mendisain.

Namun apakah CBL itu sendiri? Bagaimana penggunaannya dalam proses belajar? Apa saja istilah yang ada dalam CBL? Apa saja kelemahan-kelemahan dimiliki CBL? Dalam penulisan ini, penulis akan mencoba merangkumkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang telah disebutkan diatas dengan tujuan pembaca dapat memahami mengenai CBL serta penggunaannya dalam proses belajar.

Pembahasan

           Ada beberapa istilah yang digunakan dalam pembelajaran berbasis komputer. Fokus dalam penelitian ini adalah CBL (Computer Based Lerning), dimana hal ini penting untuk mengkatagorikan penggunaan komputer dalam belajar. Istilah-istilah penggunaan computer untuk bidang pendidikan yaitu :

a)      CAI : Computer Assisted Instruction

b)      CBL : Computer Based Learning

c)      CBE : Computer Based Education

d)      CAL : Computer Assisted Learning

e)      CBI : Computer Based Instruction

Lalu, apa persamaan dan perbedaan pada tiap istilah tersebut?

Persamaan yang dimiliki dari 5 istilah tersebut adalah sama-sama menggunakan komputer dalam pelaksanaan pembelajarannya. Sedangkan perbedaan dari 5 istilah tersebut terletak pada proses pelaksanaanya, dapat diuraikan sebagai berikut :

  1. CAI (Computer Assisted Learning) : Komputer yang digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran yang di rancang untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu.
  2. CBL (Computer Based Learning) : Pembelajaran yang keseluruhannya menggunakan komputer.
  3. CBE (Computer Based Education) : Pembelajaran menggunakan komputer yang secara umum dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi-informasi pendidikan, dan tidak ada evaluasi dalam penggunaanya.
  4. CAL (Computer Assisted Learning) : Komputer yang digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran, namun tidak semua bahan pembelajaran bergantung pada komputer.
  5. CBI (Computer Based Instruction) : Komputer sebagai media utama dalam pembelajaran yang pembelajaranya di rancang sesuai dengan tujuan pembelajaran tertentu.

Menurut saya, istilah yang tepat dalam pemanfaatan komputer dalam belajar adalah Computer Based Learning (CBL). Sebab istilah learning yang digunakan memiliki makna secara keseluruhan dalam proses pembelajaran. Sedangkan istilah instruction diartikan untuk keperluan belajar tertentu yang lebih spesifik. Yang memiliki perencanaan, tujuan, dan adanya evaluasi serta pengawasan. Sedangkan Education, diartikan untuk belajar secara umum yang tidak ada evaluasi atau pengawasan, namun dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Istilah based dipakai sebagai acuan utama atau acuan pokok dalam pembelajaran. Istilah assisted dipakai sebagai alat bantu pada proses pembelajaran.

Dalam setiap penelitian pasti memiliki tahapan-tahapan tertentu. Dalam penelitian CBL tahapannya meliputi :

  • Mengkatagorikan kegunaan CBL
  • Meninjau ulang hasil penelitian
  • Memiliki area yang khusus untuk penelitian
  • Gambaran penelitian
  • Mendesain untuk CBL

Sebelumnya telah dilakukan penelitian terhadap CBL. Adapun masalah dan hasil penelitian yang dibahas oleh para peneliti terdahulu antara lain :

  1. Becker dalam hasil penelitian mengemukakakn bahwa peningkatan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh hardware dan software yang terdapat di sekolah
  2. Chen mengemukakan terjadi masalah yang terjadi pada perbedaan gander dalam penggunaan komputer. Laki-laki lebih cenderung lebih mudah untuk mengerti dan lebih percaya diri dalam penggunaan komputer.
  3. Kulik mengemukakan dalam penelitiannya mengenai bagaimana pengaruh CBL dalam proses pembelajaran terhadap mahasiswa di universitas. Dan hasil penelitiannya adalah penggunaan komputer meningkatkan hasil ujian.
  4. Robyler menemukan bahwa menggunakan komputer dapat meningkatkan keterampilan kognitif dan berdampak positif. Data pada jenis komputer tertentu lebih sulit untuk dianalisa karena adanya hubungan mereka dengan materi pelajaran tertentu.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian CBL yang sudah pernah dilakukan bahwa komputer sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Meskipun salah satu peneliti menyebutkan bahwa perbedaan gender sempat menjadi permasalahan dalam penggunaan komputer. Untuk penelitian yang akan datang diharapkan agar memberikan kontribusi lebih baik untuk memperbaiki penelitian yang terdahulu karena penggunaan komputer dalam pembelajaran sudah semakin berkembang.

Referensi:
Simonson, Michael. 2003. e-book: Educational Technology Review of the field. North Miami Beach, FL: Nova Southeastern University

Tinggalkan komentar